Senin, 07 November 2011

METODE RISET BAB IV & V

BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN

~Deskripsi

Dalam melakukan penelitian ini jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 240 Pekerja, baik karyawan,buruh dan pekerja menengah kebawah yang memenuhi kriteria dengan perbandingan berdasarkan daerah. Dengan melihat jumlah pekerja dari yang terkecil hingga yang terbesar maka perbandinganya secara berturut-turut untuk karyawan, Buruh, dan pekerja menengah kebawah adalah sebesar 1 : 2 :  3. Jadi responden karyawan sejumlah 40 responden, responden buruh sejumlah 70 responden, dan responden pekerja menengah kebawah sebanyak  130 responden.

~Hasil Perhitungan

gaji pokok rata-rata karyawan Rp.2.750.000
gaji pokok rata-rata Buruh Rp.1.525.000
gaji pokok rata-rata pekerja menengah kebawah Rp.800.000
perhitungan menunjukan bahwa sebanyak 87% dari jumlah sampel (terdiri dari karyawan, buruh, dan pekerja menengah kebawah) terkena dampak yang besar akibat kenaikan harga kebutuhan pokok, sebagian besar dari mereka harus membatasi pembelian akan kebutuhan untuk hidup, sehinggap tetap berkecukupan untuk jangka waktu minimum 1 bulan, sedangkan 13% dari sisa sampel menunjukan bahwa kenaikan harga kebutuhan pokok tiudak terlalu berpengaruh, dan rata-rata dari mereka adalah karyawan yang belum berkeluarga, sehingga penghasilan yang mereka dapat masih tergolong lebih atau cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.


~Analisis

Hasil analisis menunjukan bahwa Peningkatan Harga kebutuhan pokok berpengaruh negative bagi sebagian besar orang, sehingga menghambat proses pemenuhan kebutuhan hidup mereka, dan hanya sebagian kecil orang saja yang merasakan bahwa peningkatan harga kebutuhan pokok tidak terlalu berpengaruh bagi kehidupan mereka.jika terjadi terus menerus maka dapat di pastikan akan banyak terjadi kemiskinan absolut di indonesia.


BAB V

KESIMPULAN

~Intisari Analisis
Endang Herdiyati (2010) "Semua bahan kebutuhan pokok naik mulai dari beras, daging sampai bawang merah. Oleh karena itu, harus memperketat pengeluaran anggaran," tampak jelas bahwa dampak kenaikan harga pokok sangat berpengaruh secara signifikan bagi sebagian besar orang, dan dapat mengubah pola hidup manusia apabila terjadi secara terus menerus, dan dapat dipastikan bila fenomena ini terjadi dan terus meningkat maka masyarakat indonesia akan mengalami krisis yang lebih parah lagi.

~Saran dan rekomendasi

Sebaiknya dalam urusan ini pemerintah tidak lagi bertindak lambat, melainkan harus berindak secara cepat dalam mengambil keputusan atau solusi terbaik, karena dampak kenaikan harga kebutuhan pokok bukan lagi menjadi sesuatu hal yang asing di indonesia, sudah terlalu banyak masyarakat yang terkena dampaknya, dan dapat kita lihat dimana-mana terjadi kelaparan dan krisis akan kebutuhan pokok.
 

~Kekurangan/kelemahan

hasil penelitian menunjukan bahwa kenaikan harga kebutuhan pokok sebelumnya belum menunjukan dampak secara signifikan bagi masyarakat menengah keatas, karena lebih banyak membahas tentang kehidupan di daerah-daerah tertentu saja, dan lebih berfokus pada masyarkat menengah kebawah.


~usulan/Rekomendasi riset selanjutnya

Usulan / rekomendasi untuk penelitian berikutnya agar mengkaji masyarakat dengan taraf ekonomi menengah keatas juga, agar didapat hasil yang lebih baik mengenai dampak kenaikan harga kebutuhan pokok bagi masyarakat luas.
 
 
 
 
 
Nama : Nicholas.c
Kelas  : 3EA11
NPM   : 16209181
Tugas Ini Di Berikan Oleh Bapak Prihantoro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar