Minggu, 09 Oktober 2011

Jurnal Ilmiah

Judul : Pengaruh Perubahan Harga Kebutuhan Pokok Terhadap Tingkat Pembelian Masyarakat

Pengarang : Nicholas.c


Tema : Harga Kebutuhan Pokok

BAB I

PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah
Beberapa saat ini Kita terus menyaksikan harga-harga kebutuhan pokok melambung tinggi. Minyak goreng mencapai harga diatas puluhan ribu rupiah di pasaran. Meskipun sempat mengalami penurunan, akan tetapi kembali melambung tinggi.
Selain minyak goreng beberapa bahan kebutuhan pokok juga mengalami kenaikan, padahal bahan-bahan tersebut merupakan konsumsi kebanyakan masyarakat. Misalnya harga kedelai yang menyebabkan langka dan mahalnya harga tahu dan tempe, harga tepung dan lain sebagainya. Kenaikan harga beberapa barang kebutuhan pokok tersebut menjadi lengkap membebani masyarakat kecil ketika pada saat yang sama minyak tanah juga mahal dan sulit didapat. Sementara program konversi minyak tanah ke gas elpiji yang menjadi program pemerintah belum sepenuhnya berjalan, belum lagi beberapa persoalan yang ditimbulkan dalam pelaksaaannya di lapangan.
Melambungnya harga kebutuhan pokok menyebabkan masyarakat dihadapkan pada persoalan ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Apalagi pendapatan tidak mampu mengimbangi kebutuhan yang harus di penuhi. Beberapa industri kecil skala rumah tangga juga terpaksa gulung tikar dan tutup. Bagaimana tidak, beberapa industri rumah tangga seperti industri tahu dan tempe, industri kerupuk hingga penjual gorengan, untuk mendapatkan bahan bakunya saja mereka sudah kehabisan modal, belum lagi untuk membeli minyak tanah dan minyak goreng yang harganya tak terjangkau. Beberapa industri yang masih berjalanpun terpaksa mengurangi jumlah produksinya meskipun mereka harus merugi karena tidak bisa menaikkan harga jual. Dalih karena hal itu sudah menjadi pekerjaanlah yang membuat mereka tetap bertahan untuk melakukan pekerjaan itu, selain memang tidak ada pilihan usaha dan pekerjaan lain yang akan dilakukan.

Penelitian Terdahulu
Blakasuta, Arjawinangun (2008), peningkatan harga kebutuhan pokok bisa berdampak buruk bagi masyarakat, terutama masyarakat kecil, oleh karena itu pentingnya peran pemerintah dalam hal ini, yang bukanl lagi menjadi fenomena asing dalam kehidupan masyarkat indonesia.
Motivasi Penelitian
Banyaknya masalah yang timbul dimasyarakat akibat harga kebutuhan pokok yang terkadang naik dan turun,itulah yang membuat peneliti tertarik untuk meneliti kejadian yang terjadi dimasyarakat luas ini dan ingin mengetahui apa saja dampak yang ditimbulkan akibat perubahan harga kebutuhan pokok yang tidak menentu ini.

Tujuan Penelitian 
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja Pengaruh perubahan harga kebutuhan pokok bagi kehidupan masyarakat,yang dapat di rincikan sebagai berikut :
1.Menganalisis Faktor-faktor yang membuat harga kebutuhan pokok menjadi meningkat atau naik
2.Mengetahui dampak apa yang akan terjadi dimasyarakat akibat kenaikan harga kebutuhan pokok
3.Mencari Solusi yang tepat untuk masalah ini



Sumber : http://organisasi.org/kebutuhan_hidup_ekonomi_manusia_kebutuhan_primer_sekunder_tersier_jasmani_rohani_sekarang_masa_depan_pribadi_dan_sosial


Nama  : Nicholas Caesar .A.S.H
Kelas :  3EA11
NPM    : 16209181
Dosen : PRIHANTORO

1 komentar:

  1. saya mahasiswa dari Universitas Islam Indonesia
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    BalasHapus